Sikap Guru Berimplikasi Luar Biasa

Rabu, 25 November 2009

JAKARTA-Menteri Pendidikan Nasional Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA menilai, sikap dan perilaku guru mempunyai implikasi yang luar biasa terhadap
anak didik. Untuk itu, dia mengingatkan agar para guru terus meningkatkan kualitas.

“Guru mempunyai peran vital dalam pendidikan sebagai sebagai sumber keteladanan. Jadi, tidak ada ceritanya sekolah tanpa guru,” katanya usai menjadi pembina upacara pada
Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2009 dan HUT Ke-64 PGRI di Kantor Depdiknas, Jakarta, Rabu kemarin.

Tema Peringatan HGN 2009 dan HUT PGRI kali ini adalah “Memacu Peran Strategis Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Masyarakat, dan Guru dalam Mewujudkan Guru Profesional, Sejahtera, Bermartabat, dan Terlindungi”.

Dalam kesempatan itu, Mendiknas menegaskan guru dapat berprestasi dan pendidikan bisa tumbuh dengan baik bila semua komponen pendukungnya dilengkapi, termasuk kesejahteraan guru.

“Isu sentralnya adalah bagaimana meningkatkan kualitas, dedikasi, dan komitmen para guru sehingga bermuara pada kualitas pendidikan,’’ ujarnya.

Kesejahteraan

Mendiknas menambahkan, jika dibandingkan dengan PNS lain, sebenarnya kesejahteraan guru relatif sudah bagus.
Oleh karena itu, dia mengajak agar semua pihak tidak terjebak hanya dalam urusan kesejahteraan.

“Sebab kalau kita terjebak dalam urusan kesejahteraan, guru itu lebih dekat sebagai pekerja bukan profesi. Kualitas pendidikan bisa dicapai dengan cara terus menerus mengikuti perkembangan zaman,” tandasnya.

Menurut dia, kualitas selalu bergerak dan terukur. Misalnya, angka partisipasi kasar (APK), jumlah perbandingan guru dan murid serta jumlah perbandingan SMK dengan SMA.

“Prestasi keteladanan dan kepeloporan para guru yang telah ditunjukkan semasa revolusi hingga sekarang, adalah semangat dan tradisi perjuangan yang perlu terus menerus diselaraskan seiring dengan cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan, seni, dan budaya,” ujar Mendiknas. (H28-45)
(Dikutip dari Suara Merdeka Kamis, 26 Nopember 2009)

0 komentar:

Posting Komentar