Mendiknas: Tak Perlu Ada Pro-Kontra

Senin, 09 November 2009

MENDIKNASJAKARTA-Menanggapi persoalan yang terus berkembang seputar penggabungan UN dan SNMPTN, Mendiknas Mohammad Nuh menyatakan tidak perlu ada pro kontra.

Alasannya, hakikat penggabungan itu adalah integrasi sistem pendidikan di Indonesia.

“Tema besar pendidikan adalah integrasi sistem dari dasar-menengah dengan sistem pendidikan tinggi. Syarat integrasi itu adalah pengakuan dari capaian pendidikan sebelumnya,” kata Nuh usai mengikuti pelantikan tiga kepala staf angkatan di Istana Negara, kemarin.

Dia mengatakan, masih belum sempurnanya pelaksanaan UN itulah yang akan disempurnakan. Paling tidak, ujarnya, secara konsep sudah tidak ada masalah.
“Sedangkan pelaksanaannya, menunggu perbaikan yang sudah kita laksanakan. Sehingga, penggabungan UN-SNMPTN tidak perlu menjadi pro dan kontra.

Sebab, penggabungan itu merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional dan temanya bukan hapus-menghapus UN,” tuturnya.
Mendiknas menambahkan, penggabungan itu merupakan konsekuensi logis dari sistem yang terus diperbaiki.

“Tidak usah di-pro-kontra-kan, karena kalau sudah terintegrasi, otomatis hasil UN bisa untuk masuk perguruan tinggi,” tandasnya.

Dia menegaskan, bila UN 2010 sudah berjalan dengan baik dan tidak ada persoalan teknis, maka pada 2011 integrasi UN-SNMPTN bisa dilakukan.
Yang jelas, lanjutnya, semua itu dilakukan secara bertahap. “Insya Allah tidak ada yang kontra,” tukasnya. (H28-45)
(Dikutip dari Suara Merdeka, Selasa, 10 Nopember 2009)

0 komentar:

Posting Komentar